Apa Itu Kartu Menuju Sehat Reguler (pdf) dan Fungsinya

Bagi seorang ibu mungkin tidak asing lagi dengan Kartu Menuju Sehat atau biasa disingkat KMS. Biasanya kartu menuju sehat dipantau oleh tenaga Kesehatan setiap bulanya secara reguler Ketika para ibu memeriksakan bayinya ke pusat Kesehatan atau posyandu. Tetapi, berkembangnya zaman sekarang para orang tua dapat memantau secara individu perkembangan anak melalui kartu menuju sehat regular (pdf) yang tersedia di internet. Sehingga, para ibu bisa langsung mendowloadnya sendiri-sendiri.

Apa itu kartu menuju sehat regular (pdf)

Kartu menuju sehat reguler (pdf) merupakan sebuah catatan untuk pertumbuhan anak secara grafik yang di ukur berdasarkan umur, berat badan dan jenis kelamin dalam bentuk pdf. Sebenarnya kartu menuju sehat (KMS) sudah digunakan di Indonesia sejak tahun 1970 an. Namun, pada saat itu untuk mengisi kartu menuju sehat harus datang langsung ke posyandu untuk mendapatkan buku / lembar KMS. Memang kartu menuju sehat tersedia dalam bentuk fisik yang diberikan oleh dokter setelah ibu melahirkan. Tetapi kini tersedia kartu menuju sehat reguler (pdf) yang bisa diakses secara online.

Para orang tua yang masih memiliki bayi atau balita dianjurkan untuk mengisi buku ini dan memperbaharui data setiap bulannya secara reguler dengan membawa sang anak ke posyandu atau dokter anak. Dengan adanya buku ini, dokter bisa dengan mudah memantau pertumbuhan anak dan menentukan tumbuh normal apakah sesuai dengan usianya atau tidak.

Lalu, Apa Fungsi Dari Kartu Menuju Sehat (KMS)

Setelah kamu mengetahui apa itu kartu menuju sehat reguler (pdf). Selanjutnya kamu perlu mengetahui fungsi utama dari kartu menuju sehat selain untuk memantau pertumbuhan anak.

  • Badan Kesehatan dunia (WHO) mencantumkan KMS sebagai pemantau pertumbuhan anak sesuai dengan standar internasional dalam bentuk grafik. Grafik ini difungsikan untuk menentukan anak tumbuh normal atau terdapat gangguan yang dilihat dari bentuk fisiknya. Misalnya jika berat badan anak mengikuti grafik maka, anak tersebut tumbuh relatif normal. Begitupun sebaliknya bila berat anak tidak mengikuti kurva grafik bisa jadi terjadi gangguan pada pertumbuhan anak
  • Sebagai catatan pelayanan Kesehatan anak, dalam kartu menuju sehat sudah terdapat riwayat catatan pelayanan Kesehatan yang akan diterima oleh anak. Seperti jadwal imunisasi dan juga pemberian vitamin setiap bulannya.
  • Sebagai media edukasi bagi para orang tua, kartu menuju sehat juga memberikan informasi bagaimana cara merawat anak misalnya gizi imbang untuk anak atau cara menangani anak Ketika sakit.

KMS terbagi menjadi dua bagian, yang pertama berisi pesan penting untuk ibu berupa catatan cara menjaga Kesehatan saat hamil, melahirkan sampai masa nifas. Sedangkan bagian kedua untuk Kesehatan anak termasuk bentuk fisik anak (berat badan, Panjang badan, besar lingkar kepala DLL).

Download Kartu Menuju Sehat (KMS) Terbaru PDF