Berapakah Berat Badan Ideal Balita Umur 1-5 Tahun? Cari Tahu Di Sini

Berat badan ideal balita memang harus diperhatikan dengan baik oleh para orang tua. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan berat yang ideal  dapat membantu untuk membuat pertumbuhan dan perkembangan anak semakin optimal. Adapun berat badan ideal pada balita biasanya tergantung dengan usia maupun jenis kelamin yang dimiliki oleh mereka.

Anak-anak yang kurang berat badan ideal, sebaiknya orang tua juga harus membantu untuk menaikkan berat badan yang mereka miliki tersebut. ataupun sebaliknya apabila anak mengalami berat badan berlebih, orang tua harus mencari cara menurunkan berat badan anak obesitas tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena berat badan yang berlebih ternyata juga akan menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan anak anda tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui, berat badan sendiri menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui bagaimanakah status gizi yang dimiliki oleh anak selain tinggi badan. Untuk itulah  para orang tua harus mengetahui bagaimanakah berat ideal untuk mereka. Hal ini demi upaya untuk mendukung pertumbuhan anak anda tersebut.

Berat badan ideal untuk balita

Berdasarkan peraturan dari Kementerian Kesehatan dalam keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan standar antopometri penilaian status gizi pada anak. Di dalam standar inilah berat badan pada anak akan mengalami pembulatan. Untuk mengetahui seperti apakah berat badan ideal untuk anak, berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Berat badan balita 1 tahun
    Adapun berat badan balita 1 tahun (0-12 bulan) ini dibedakan berdasarkan dengan jenis kelami yang dimiliki oleh mereka. Untuk anak laki-laki sendiri memiliki berat badan berkisar 7,7 sampai 13, 7 kg. sedangkan untuk balita 1 tahun perempuan mempunyai berat badan mulai dari 7-13,2 kg.
  2. Berat badan balita 2 tahun
    Sedangkan untuk berat badan balita 2 tahun (13-24 bulan) mempunyai berat untuk anak laki-laki adalah 9,7-15,3 kg untuk anak berusia 2 tahun dan 10,5-16,9 kg untuk anak laki-laki berusia 2 tahun 6 bulan. Sedangkan berat ideal anak perempuan 2 tahun adalah 9-14,8 kg dan usia 2 tahun, 6 bulan adalah 10-16,5 kg.
  3. Berat badan balita 3 tahun
    Untuk berat badan balita 3 tahun (25-36 bulan) untuk anak laki-laki berkisar 11,3 kg hingga 19,7 kg. Sedangkan untuk balita perempuan mempunyai berat ideal mulai dari 10,8 kg hingga 19,8 kg.
  4. Berat badan balita 4 tahun
    Sama seperti sebelumnya, berat badan ideal balita 4 tahun inipun juga akan ditentukan berdasarkan dengan jenis kelamin yang mereka miliki. Untuk anak laki-laki sendiri mempunyai berat sekitar 12,7 kg hingga 22,7 kg.
    sedangkan untuk balita perempuan mempunyai berat rata-rata 12,3 kg hingga 23,4 kg. pada usia 4 tahun ini, kenaikan berat badan pada anak sudah cukup signifikan dibandingkan dengan umur sebelumnya.
  5. Berat badan balita 5 tahun
    Untuk berat badan ideal balita 5 tahun tidak mengalami perkembangan yang banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Untuk anak laki-laki pria biasanya mempunyai berat badan berkisar 14,1 -24,2 kg. sedangkan balita perempuan umumnya mempunyai berat berkisar 13,7-24,9 kg.

Cara menambah berat badan pada anak dengan mudah

Sudah tahu bukan bagaimanakah ukuran berat badan ideal untuk balita? Untuk anda yang mempunyai anak dengan berat badan di bawah daftar di atas, maka sebaiknya membantu mereka untuk menambah berat badan mereka. Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk menambah berat badan pada mereka diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan makanan dengan kandungan kalori yang cukup
    Kalori yang memiliki peran yang cukup penting untuk  pertumbuhan dan penambahan berat badan pada anak. Untuk itulah sebaiknya para orang tua bisa memberikan mereka makanan berupa kalori yang cukup untuk mereka.
    Kandungan kalori inipun bisa didapatkan melalui sejumlah makanan. Adapun makanan penambah berat badan pada balita diantaranya adalah alpukat, mentega, ubi manis, pisang, telur dan lainnya.  Dengan kandungan kalori yang tinggi di dalamnya itulah maka dapat membantu anak mendapatkan berat badan ideal dengan cepat.
  2. Memberikan susu  untuk mereka
    Adapun cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk menaikkan berat badan pada anak adalah melalui susu. Seperti yang sudah diketahui, susu sendiri menjadi salah satu sumber protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh anak. Saat ini, anda bisa menemukan banyak susu penambah berat badan balita. Tetapi pastikan sesuaikan dengan umur mereka.
    Bunda bisa langsung memberikan setidaknya 2 gelar susu per hari. Adapun bentuk dari susu tersebut pun juga beragam mulai dari smoothies ataupun sereal. Dengan begini maka tumbuh kembang anak anda akan semakin optimal
  3. Tambahkan asupan lemak
    Tips menambah berat badan balita yang berikutnya adalah dengan memberikan asupan lemak yang cukup. Lemak sehat pada anak sangat bagus untuk anak-anak yang kekurangan berat badan. Untuk itulah, cobalah menyisipkan kandungan lemak sehat pada makanan yang akan dikonsumsi oleh buah hati anda.
    Untuk memperoleh asupan lemak sehat itu, anda bisa memberikan keju leleh, minyak zaitun, mentega, mayones ke dalam cemilan sehat anda anda tersebut.
  4. Meningkatkan konsumsi karbohidrat
    Karbohidrat ternyata juga menjadi salah satu nutrisi baik dimana dibutuhkan oleh anak-anak untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tetapi pada anak-anak dengan kasus kurang berat badan, mereka akan cenderung susah untuk makan dengan porsi yang besar.
    Apabila anak anda mengalami kesulitan untuk makan nasi dengan porsi yang besar, maka anda bisa memberikan camilan berupa buah-buahan kering, kismis, madu ataupun granola. Dengan asupan karbohidrat yang cukup itulah maka anak anda bisa tumbuh secara maksimal.
  5. Memberikan ASI ekslusif
    Cara yang satu ini bisa diterapkan untuk bayi anda yang lahir secara premature. Cara menambah berat badan bayi premature memang sedikit berbeda dan harus dilakukan secara khusus dibandingkan dengan  bayi yang lahir secara normal. Untuk memberikan ASI eksklusif dapat dilakukan hingga bayi anda menginjak usia 2 tahun. ASI inipun juga akan melindungi mereka dari adanya infeksi.
  6. Cobalah untuk memperbanyak porsi makan
    Cara untuk membantu anak anda agar memperoleh berat badan ideal berikutnya adalah dengan memperbanyak porsi makan. Untuk mempermuda mereka makan, cobalah untuk menggunakan wadah makanan ataupun minuman dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Cara inipun untuk menyiasati agar mereka dapat dengan mudah memperbanyak porsi makan.
  7. Pastikan mereka tidur cukup
    Selain dengan memperhatikan asupan maupun pola makan yang mereka miliki, pastikan orang tua juga harus memperhatikan porsi tidur mereka. Pastikan apabila mereka mendapatkan tidur yang cukup. Terlebih lagi apabila anak anda beranjak semakin besar sehingga akan melakukan banyak aktivitas.

Berat badan ideal pada anak-anak harus diketahui oleh para orang tua dengan baik. Untuk mendapatkan berat badan ideal balita, pastikan orang tua memperhatikan asupan nutrisi dan pola makan yang mereka miliki dengan baik.