Berat Badan Ideal Balita 2 Tahun (13-24 bulan) dan Faktor Berat Badan Balita Susah Naik

Untuk mengetahui pertumbuhan berat badan ideal balita sangat penting terutama berat badan ideal balita 2 tahun (13-24 bulan) dimana pada usia ini cenderung balita memiliki pertumbuhan yang cepat. Tetapi, terkadang kita menemukan kasus balita usia 2 tahun tumbuh berat badan cenderung lambat. Kedua hal tersebut pasti terdapat faktor yang mempengaruhi baik itu nutrisi yang diberikan maupun kondisi lingkungan sekitar. Agar balita anda mempunyai berat badan ideal, di bawah ini merupakan informasi berat badan ideal balita 2 tahun (13-14 bulan) yang bisa dijadikan patokan untuk anda.

Berat Badan Ideal Balita 2 Tahun (13-24 bulan)

Badan Kesehatan dunia WHO (world health organizatioan) memberikan tabel mengenai berat badan ideal balita 2 tahun (13-24 bulan) dimana kurva tersebut berkisar antara:

  • Untuk anak laki-laki
    Perlu kita ketahui bahwa mengukur berat badan balita dilihat dari jenis kelamin anak. Anak berjenis kelamin laki-laki di usia ini normalnya memiliki berat badan 10 hingga 14 kg (optimalnya 10,8 – 13,8 kg ) dan untuk tinggi badanya 78 sampai 97 cm dengan optimalnya 81 – 94 cm
  • Untuk anak perempuan
    Balita laki-laki dan perempuan cenderung memiliki berat badan yang sedikit berbeda. Berat badan ideal untuk anak perempuan sekitar 9 hingga 15 kg optimalnya 10 hingga 13 kg. Sedangkan untuk tinggi tubuhnya berkisar 80 – 93 cm dengan optimalnya 83 sampai 90 cm.

Memang mengetahui pertumbuhan sang anak bisa dilihat dari berat badan idealnya. Tetapi, anda perlu memperhatikan faktor lainnya misalnya lingkar kepala, kondisi rambut hingga kaki dan lain sebagainya. Jika kedapatan masalah kondisi fisik balita anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter anak atau mengunjungi pusat Kesehatan seperti posyandu atau puskesmas.

Beberapa Faktor Penyebab Berat Badan Balita Susah Naik

Pada usia 2 tahun balita bisa saja mengalami kurang berat badan atau underweight yang ditandai dengan tubuh si kecil terlihat kurus. Bila, anak anda mengalami hal tersebut anda perlu berhati-hati karena bisa saja buah hati anda tidak memiliki berat badan ideal balita 2 tahun (13-24 bulan). Ada beberapa penyebab kenapa balita 2 tahun berat badan susah naik diantaranya :

  1. Factor genetic
    Factor genetic bisa menjadi penyebab balita berat badan susah naik. Untuk lebih jelasnya lebih baik anda pergi ke dokter terdekat untuk menanyakannya.
  2. Kekurangan kalori
    Untuk menentukan kalori untuk sang anak perlu diperhatikan dan berikan sesuai dengan takaran tidak lebih dan tidak kurang. Bila, anda memberikan menu makanan dengan kalori yang cukup maka tumbuh kembang si kecil akan normal.
  3. Anak mengalami gangguan
    Gangguan ini bisa berupa anak alergi dengan suatu makanan salah satu contohnya adalah alergi susu sapi, selain itu bisa juga terdapat penyakit infeksi ataupun kelainan bawaan.