Berikut Berat Badan Ideal Balita 3 Tahun (25-36 Bulan) dan Penyebab Anak Kelebihan Berat Badan

Berat badan ideal sangat mempengaruhi untuk pertumbuhan anak. Karena bila anak memiliki berat badan ideal anak akan lebih sehat, cepat belajar dan resiko mengalami gangguan Kesehatan lebih kecil. Balita pada umur 3 tahun cenderung mengalami pertumbuhan lambat dan tidak begitu drastis. Terlihat balita yang menginjak usia ini, Sebagian anak terlihat lebih kurus dan perut buncitnya lama-kelaman akan hilang. Di Indonesia sendiri terdapat sumber untuk menentukan berat badan ideal balita 3 tahun (25-36 bulan) dilihat dari grafik kurva dari badan Kesehatan dunia (WHO) tetapi, kita tidak perlu terlalu mengacu pada kurva tersebut. Sebagai gambaran untuk para orang tua berikut indikasi berat badan ideal balita 3 tahun (25-36 bulan).

Berat Badan Ideal Untuk Balita 3 Tahun

Perlu di ingat berat badan ideal balita 3 tahun (25-36 bulan) antara balita laki-laki dan perempuan tidak jauh berbeda. Untuk anak laki-laki berat badan idealnya 11,5 hingga 17 kg dan tingginya 90 – 102,5 cm. Sementara untuk balita perempuan berat badan berkisar 11.5 hingga 17 kg dan untuk tinggi badanya 87 sampai 101,5 cm.

Berat badan normal usia 3 tahun

Keterangan

Laki-laki

Peremuan

overweight

20,7 kg

20,9 kg

Normal atas

18, 3 kg

18,1 kg

Ideal atas

16,2 kg

15,8 kg

Ideal

14,3 kg

13,9 kg

Ideal bawah

12, 7 kg

12,2 kg

Normal bawah

11, 3 kg

10,8 kg

underweight

10 kg

9,6 kg

 

Perlu di ingat bahwa jika balita anda mengalami atau tidak berada dalam posisi rentang ideal belum tentu termasuk anak kurang gizi atau sebaliknya kegemukan. Karena tumbuh kembang balita sangat dipengaruhi oleh kecukupan gizi yang diberikan, waktu tidur ideal, aktivitas fisik, dan pengaruh lingkungan.

Penyebab Anak Kelebihan Berat Badan

Bila anak anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas anda perlu berhati-hati, pasalnya anak yang mempunyai berat badan lebih mudah mengalami gangguan Kesehatan ketimbang anak yang berat badan normal. Terdapat beberapa penyebab kenapa anak mengalami kelebihan berat badan.

  1. Porsi makan berlebih
    WHO sendiri mengatakan membatasi porsi makan anak bisa membantu menurunkan risiko kegemukan. Bagi para orang tua perlu memperhatikan porsi makan anak jangan berikan dalam porsi yang terlalu besar.
  2. Kekurangan lemak sehat
    Lemak sehat seperti yoghurt, minyak kelapa, avokad dan masih banyak lagi sangat baik untuk pertumbuhan anak terutama untuk menurunkan obesitas. Memberikan makanan yang kompleks dengan nutrisi seimbang akan mempengaruhi Kesehatan tubuh juga.
  3. Anak jarang gerak
    Selain dari porsi makan berlebih sampai kekurangan lemak sehat penyebab anak kelebihan berat badan juga bisa disebabkan anak kurang beraktivitas. Bila anak kurang bergerak maka jumlah kalori dalam tubuh akan melebihi jumlah kalori yang terbakar.