Cara Mudah Menambah Berat Badan Anak yang Lahir Prematur

Ketika telah menikah, impian setiap pasangan tentu memiliki momongan. Hal ini selalu menjadi saat yang paling dinanti oleh banyak orang. Penantian pun semakin mendebarkan ketika sang istri telah mulai mengandung. Lama kandungan hingga 9 bulan akan membuat calon orang tua semakin tidak sabar.

Namun dari sekian banyak kehamilan, terdapat kehamilan yang tidak mencapai waktu biasanya. Kejadian ini tentu tidak bisa diprediksi sebelumnya. Meski telah melakukan berbagai pemeriksaan, namun kehamilan yang kurang dari 9 bulan dapat terjadi. Bisa karena keadaan ibu atau kondisi sang buah hati. Kejadian ini sering disebut dengan kehamilan bayi prematur.

Kehamilan yang hanya mencapai 7 bulan terkadang memberi dampak kesehatan bagi anak. Anak bisa merasakan sesak napas atau bahkan mengalami kekurangan berat badan. Berat badan ideal balita yang baru lahir biasanya berkisar antara 2,7 hingga 4 kg. Namun terkadang untuk bayi yang lahir secara prematur biasanya memiliki berat badan yang kurang dari angka normal. 

Hal itu wajar karena keadaan bayi yang belum sempurna. Namun terkadang keadaan itu membuat orang tua khawatir. Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir karena terdapat cara menambah berat badan bayi prematur yang bisa Anda lakukan. 

Terdapat 4 cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Ini dia beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menambah berat badan bayi yang lahir secara prematur.

  • Untuk menambah berat badan bayi yang lahir secara prematur, Anda bisa memberikan ASI secara eksklusif. Memberikan ASI secara eksklusif memang kewajiban setiap orang tua kepada anaknya hingga usia 2 tahun. Setelah usia 6 bulan, Anda bisa memberikan tambahan asupan dengan MPASI. Memberikan Asi eksklusif dapat berpengaruh besar terhadap berat badan dan kesehatan bayi yang lahir prematur. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa pemberian asi eksklusif selama 24 Minggu akan meningkatkan berat badan anak.
  • Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin. Layaknya bayi pada umumnya, pemeriksaan juga wajib dilakukan oleh setiap bayi yang lahir secara prematur. Setelah kelahiran, dokter pasti akan memberi tahu kondisi bayi dan waktu pemeriksaan rutin yang harus dilakukan oleh anak. Setidaknya lakukan pemeriksaan sebulan sekali atau setidaknya sesuai anjuran dari dokter.
  • Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan asupan tambahan seperti vitamin yang telah direkomendasikan oleh dokter. Cara ini bisa membantu anak dalam menghadapi masa pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah sering memeluk dan menggendong bayi. Sentuhan kulit dengan ibu mampu merangsang saraf anak untuk lebih mudah mencerna sesuatu yang masuk dalam tubuhnya. Termasuk ASI dan vitamin.

Itu dia beberapa cara menambah berat badan bayi prematur yang bisa Anda lakukan. Semoga informasinya bermanfaat.