Daftar Makanan Penambah Berat Badan Pada Balita

Sebagai orangtua tentu kita ingin anak kita tumbuh dengan berat dan tinggi badan yang ideal. Hanya saja, kadang untuk mencapai berat badan ideal balita cukup sulit dilakukan. Terutama jika anak mulai melakukan GTM. Maka sebagai orangtua kita pasti merasa cemas berat badannya akan turun yang bisa menjadi faktor penyebab berbagai macam penyakit.

Untuk itu, sebagai orangtua, kita harus pintar menyiasatinya. Terlebih jika anak kita termasuk si picky eater. Asupan nutrisi yang diberikan untuk anak agar berat badannya bisa bertambah tentu juga harus dipikirkan. Intinya adalah anak tidak boleh dalam kondisi defisit kalori sehingga berat badannya tidak akan semakin berkurang. Untuk itu sebaiknya pilih makanan dengan kalori tinggi tanpa harus memaksa anak makan dengan porsi yang lebih banyak. Bisa – bisa malah si kecil jadi enggan untuk makan. Berikut ini adalah daftar makanan penambah berat badan pada balita yang bisa coba diberikan sebagai makanan sehat untuk anak.

Mentega dan Margarin

Mentega dan margarin merupakan salah satu makanan yang tinggi kalori. Dengan menambahkan mentega atau margarin pada makanan anak, maka akan menambah kalori dalam makanan tersebut tanpa membuat anak harus memakan dengan porsi yang lebih banyak. Mentega dan margarin juga memiliki rasa yang gurih sehingga bisa membuat masakan menjadi lezat. Tapi, jika sudah menggunakan margarin atau mentega sebaiknya kurangi garam dalam mengolah makanan si kecil. 

Selai Kacang

Mulai sekarang, ganti selai olesan sandwich anak dengan selai kacang. Selai kacang memiliki kalori yang tinggi serta vitamin B dan protein yang besar. Sehingga bisa menambah berat badan anak. Kacang – kacangan pada umumnya merupakan salah satu jenis makanan penambah berat badan pada balita. Kita bisa mengolah kacang merah maupun kacang tanah sebagai menu makan si kecil juga. Misalkan saja dengan membuat sup daging kacang merah. Bisa juga diolah menjadi es kacang merah yang manis dan segar. Atau sate ayam saus kacang buatan sendiri. Selain sehat juga nikmat.

Susu Sapi

Susu sapi juga merupakan makanan penambah berat badan pada balita. Diolah dengan berbagai resep masakan maupun diminum langsung tetap dapat menambah berat badan anak. Selain itu susu juga baik untuk perkembangan otak si kecil. Jika anak alergi pada laktosa susu sapi, maka sebaiknya ganti dengan yogurt, keju, es krim maupun butter. Selain dapat menambah berat badan, susu sapi juga mampu menguatkan gigi dan tulang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kalsium yang tinggi pada susu sapi tidak hanya baik bagi anak namun juga orang dewasa. Jadi sebaiknya hidangkan susu sebagai menu wajib keluarga. Sekaligus agar anak lebih semangat lagi meminum susu.