Jaga gaya hidup sehat balita 5 tahun

Balita dengan usia 5 tahun merupakan saat dimana balita sedang aktif-aktifnya. Dan dimana usia yang masuk masa pra sekolah dan telah menjalani berbagai aktivitas belajar di TK atau Taman Kanak-kanak maupun PAUD. Saat-saat inilah, si kecil butuh asupan banyak energi dalam menunjang aktivitas serta pertumbuhan fisiknya. meskipun harus memenuhi kebutuhan energi, anda tidak boleh sampai kebablasan hingga mengakibatkan anak menjadi terkena obesitas. Alias memupuk bibit penyakit akibat dari pemberian kebiasaan makan yang buruk.

Oleh sebab itu anda harus memberikan jadwal makan teratur serta mulai mengajarinya untuk menjalankan pola hidup sehat. Agar buah hati memperoleh berat badan ideal balita 5 tahun. Nah, berikut gaya hidup sehat yang dapat anda coba kepada anak anda.

Pemenuhan kebutuhan lemak balita 5 tahun

Perlu anda ketahui usia balita yang berusia 5 tahun kebutuhan lemaknya terbilang lebih sedikit dalam asupan hariannya. Dimana jumlah dari kebutuhan lemak ini tidak lebih dari 35 persen total keseluruhan kalori harian pada tubuh. dan pemberian susu rendah lemak maupun susu skim dapat menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun kebutuhan lemak  hanya 35 persen dari total kalori yang dibutuhkan, pemenuhannya terbilang sulit. Sebab, buah hati anda yang berusia 5 tahun tergolong sulit jika anda haruskan untuk mengkonsumsi makanan utamanya sebanyak tiga kali sehari seperti orang dewasa. Sehingga untuk menghindari dari kekurangan gizi serta asupan energi, anda dapat menyediakan makanan pendamping seperti camilan sehat rendah gula. Anda dapat memberikan crackers gandum, buah potong segar, yoghurt, serta kacang-kacangan. Dengan begitu pemenuhan kebutuhan lemak terpenuhi dan berat badan ideal balita dapat tercapai.   

Buat kegiatan makan sebagai waktu yang menyenangkan 

gaya hidup sehat yang perlu anda biasakan pada anak anda yakni membuat waktu makan sebagai yang menyenangkan. Bagaimana tidak, balita 5 tahun sering kali membuat kegaduhan dengan membuat argumen dan peperangan ketika makan. Untuk menghindari hal ini dapat terjadi setiap kali waktu makan tiba. Pastikan anda menghindari tindakan menyuruh anak duduk di kursi makannya dan memaksa dengan menjejalkan makanan yang ditolaknya.

Sebab, hal ini hanya memberikan efek trauma yang berujung semakin benci dengan waktu makan. Bahkan dapat membenci makanan itu sendiri. dan pastikan anda untuk menghindari menawarkan makanan sebagai hiburan disaat buah hati anda sedang sedih ataupun sebagai alat suap saat anak tidak mau melakukan perintah yang anda berikan. Sebab, tanpa anda sadari hal ini tidak hanya akan berakibat pada kebiasaan makannya namun dapat berakibat pada mental anak itu sendiri. dan tentunya hal ini akan berdampak pada berat badan ideal balita 5 tahun.  

Nah untuk mengatasi hal ini dapat terjadi dan anak dapat menghabiskan makanannya, anda dapat menggunakan tips ini. Diantaranya :

  1. Mengurangi konsumsi makanan manis
    meskipun pemberian camilan itu penting dalam pemenuhan kebutuhan energi, namun hal ini dapat menimbulkan masalah terlebih pada jenis camilan manis. Sebab, makanan manis dapat membuat anak menjadi lebih cepat kenyang dengan memberikan rasa “kenyang palsu”. Artinya anak dalam kondisi sudah merasa kenyang akan tetapi sebenarnya belum makan.
  2. Mematikan televisi dan juga perangkat gadget
    Cara ini sering kali digunakan para orang tua jaman sekarang untuk membuat anak mau makan. Padahal cara ini hanya akan membuat anak tidak fokus pada menu makanannya. Dan dampaknya anak anda tidak menghabiskan makanan yang sudah disajikan. Efeknya tentu anak akan sulit mencapai berat badan ideal balita 5 tahun.