Kegunaan Kartu Menuju Sehat Anak Sekolah

Kartu menuju sehat identik dengan kartu yang dibuat untuk bayi ataupun balita. Tetapi, Terdapat kartu menuju sehat anak sekolah Yang dirancang khusus oleh pemerintah untuk Tumbuh kembang anak sekolah yang tentu saja menjadi hal atau konten yang harus diperhatikan. Anak sekolah yaitu usia SD merupakan peristiwa yang sangat rentan terhadap penyakit dan terjadinya kekurangan nutrisi atau gizi. Hal tersebut tentu saja merangkum faktor-faktor seperti berat badan dan tinggi badan anak sekolah yang pada umumnya Bertambah setiap bulannya ataupun setiap enam bulan sekali sesuai dengan gizi yang didapatkan. Hal ini juga menjadi patokan pertumbuhan gizi anak Indonesia secara umum.

Hal Pokok KMS Anak Sekolah

Kartu menuju sehat anak sekolah dipegang ataupun dijaga oleh wali kelas nya dan dikeluarkan ketika adanya imunisasi di setiap sekolah. Hal ini akan membuat buku tersebut menjadi jauh lebih aman dan terjaga karena dijaga oleh wali kelas yang sudah bertanggung jawab. KMS akan dikeluarkan setiap enam bulan sekali sesuai dengan komunitas yang ada di sekolah tersebut. Hal ini juga akan mempermudah guru yang menyimpan KMS tersebut apabila terdapat keanehan atau Kelainan yang terjadi terhadap siswa nya sehingga bisa dengan mudah dan cepat melapor ke petugas kesehatan ataupun Puskesmas sekitar. Perbaikan gizi yang harus dilakukan apabila terjadi kekurangan atau keanehan bisa dengan cepat dilakukan oleh lingkungan dan sekolah tersebut agar menghasilkan anak dengan gizi baik.

Catatan Imunisasi

Hal pertama yang akan Anda temukan di dalam kartu menuju sehat anak sekolah adalah catatan imunisasi dan secara rutin dilakukan setiap satu semester atau 6 bulan sekali. Imunisasi merupakan hal yang sangat penting dan harus ditulis secara jelas tak seindah wali kelas atau pengurai memegang KMS siswa tersebut bisa memahami dengan mudah kondisi kesehatan anak didikannya. Tanggalan pelaksanaan imunisasi juga ditulis dengan jelas. KMS dikeluarkan oleh dinas kesehatan dan harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar ataupun MI. Identitas anak juga ditulis di bagian depan dengan sebenar-benarnya sehingga kampas tersebut bisa dipantau sesuai dengan identitas asli anak tersebut.

Tinggi, Berat, dan Gizi

Usia sekolah terutama Sekolah Dasar merupakan usia yang tepat untuk menunjang tinggi, berat, dan gizi Anak. Tidak bisa dipungkiri adalah dengan gizi yang baik akan memiliki tinggi dan berat badan yang stabil dan tentu saja hal ini bisa mempengaruhi kecerdasan otak dan Daya pikir anak. Untuk itulah KMS bermanfaat bagi Anda sebagai orangtua dan juga sebagai petugas kesehatan untuk bisa memberikan hal terbaik untuk pertumbuhan tinggi dan berat badan hingga gizi anak sekolah yang ada di Indonesia. Kartu menuju sehat anak sekolah membuat segalanya menjadi lebih mudah untuk orang tua, anak tersebut hingga sekolah.