Kenali Berat Badan Ideal Balita 1 Tahun (0-12 bulan ) Agar Anak Tumbuh Optimal

Bagi para orang tua memperhatikan tumbuh kembang bayi sangat penting terutama berat badan anak. Karena berat badan bayi menjadi patokan apakah bayi tumbuh dengan normal atau tidak. Untuk mengetahui apakah balita mempunyai berat badan normal atau tidak bisa dilihat dari usia dan jenis kelaminya. Tetapi, mungkin anda sedikit bingung apakah berat badan anak sesuai dengan tabel barat badan ideal balita  menurut WHO atau tidak. Berikut adalah berat badan ideal balita 1 tahun (0-12 bulan) yang dapat membantu anda memantau tumbuh kembang anak.

Berat Badan Balita Usia 1 - 3 Bulan

Pada saat bayi baru lahir di usia 3 bulan balita memerlukan asupan ASI (air susu ibu) dan nutrisi kurang lebih 8 kali sehari. Disini pertumbuhan bayi cenderung lebih cepat rata-rata untuk bayi laki-laki berat badan ideal yang dimiliki mencapai 5 sampai 7,9 kg dengan Panjang tubuh 60-65 cm. Sedangkan, untuk bayi perempuan berat badan ideal sekitar 4,6 sampai 7,4 kg dengan Panjang tubuh 55-63 cm.

Berat Badan Balita Usia 4 - 6 Bulan

Balita pada usia ini tidak jauh berbeda dengan usia balita sebelumnya karena pada usia ini bayi cukup tumbuh dengan pesat. Balita usia 4-6 bulan rata-rata berat badan ideal untuk laki-laki berkisar 6,4 kg – 9,7 kg dengan Panjang badan 63 – 71 cm. Untuk bayi perempuan berat badan ideal antara 5,8 – 9,2 kg dengan Panjang tubuh sekitar 61 – 70 cm.

Berat Badan Balita Usia 7 – 12 Bulan

Bila balita anda pada usia 7 – 12 bulan (1 tahun) mengalami berat badan hingga 3 kali lipat dari berat badan lahirnya anda tidak perlu khawatir karena itu normal. Umumnya untuk bayi laki-laki berat badan ideal usia ini mencapai 7,8 – 11,8 kg dengan tinggi badan 71 – 80 cm. sementara untuk bayi perempuan umumnya berat badan ideal yang dimiliki kisaran 7,1 – 11,3 kg dan tinggi badan 69 – 79 cm.

Yang Mempengaruhi Bertambahnya Berat Badan Balita

Berat barat ideal balita 1 tahun (0-12 bulan) akan bertambah terus setiap bulanya disebabkan oleh beberapa factor seperti asupan ASI yang diberikan kepada bayi, untuk normalnya balita usia 1-3 tahun berikan ASI sebanyak 8 kali, usia 4-6 bulan 6 kali sehari dengan takaran 125 ml, dan untuk 7-12 bulan bisa diberikan susu sapi sebagai tambahan ASI. Factor selanjutnya adalah MPASI yang diberikan Ketika bayi berusia 6 bulan yang bisa anda berikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Terakhir makanan pendamping di usia 12 bulan dimana anda bisa memberikan berbagai aneka jenis makanan namun tetap memperhatikan nilai gizinya. jadi, berat badan ideal balita 1 tahun (0-12 bulan ) apakah tumbuh normal atau tidak sangat dipengaruhi oleh asupan yang diberikan.