Kumpulan Tips Menambah Berat Badan Balita

Melihat anak tumbuh dengan berat badan ideal balita pada umumnya tentu sebuah hal yang membahagiakan. Namun jika yang terjadi sebaliknya justru ibu biasanya akan menjadi stress. Mulai dari memikirkan apakah anak sudah tercukupi nutrisinya hingga menahan cibiran dari keluarga terdekat maupun orang sekitar karena dinilai kurang bisa memberikan nutrisi optimal bagi buah hati.

Padahal faktor yang menyebabkan anak terlalu kurus cukup banyak. Salah satunya adalah karena anak terlalu aktif atau bisa jadi karena anak tidak nafsu makan. Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, maka simak  tips menambah berat badan balita yang bisa Anda praktekan langsung.

Buat Jadwal Makan

Bagi orang dewasa mungkin melewatkan jam makan bukanlah hal yang terlalu berpengaruh. Namun, ternyata bagi anak, melewatkan satu kali makan saja setiap hari dapat sangat berpengaruh. Dengan melewatkan jam makan maka anak akan kehilangan nutrisi penting yang dapat berpengaruh pada kesehatan. Anak yang sehat tidak harus gemuk melainkan terpenuhi gizinya dan memiliki berat serta tinggi yang ideal. 

Memberi makan anak secara teratur merupakan tips menambah berat badan balita yang paling utama. Pastikan anak juga tidak memakan kudapan sesaat sebelum makan besar. Karena dapat mempengaruhi porsi makan yang menyebabkan kurangnya kalori yang masuk. Sebaiknya berikan makan utama 3 kali sehari dan selingan berupa kudapan sehat atau buah 2 kali sehari agar anak tumbuh dengan sehat. 

Berikan Porsi dan Nutrisi Yang Sesuai

Agar anak bisa memiliki berat badan yang ideal, maka Anda harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak. Usahakan anak tetap minum susu minimal 2 gelas setiap hari. Lengkapi dengan sayur dan buah. Berikan juga protein hewani dan nabati pada setiap makanan utamanya. Idealnya anak harus makan protein setidaknya satu kepal tangan anak. Jangan lupa berikan sayuran sebagai sumber serat untuk anak.

Berikan juga anak makanan yang tinggi kalori. Anda bisa menambahkan kacang, butter atau margarin dan juga daging sapi untuk menambah kalori pada makanan anak. Anda juga bisa memberikan minuman berkalori seperti jus buah atau susu ketika anak haus. Namun jangan berikan mendekati jam makan dan jam cemilan. Karena anak cenderung akan melewatkan jam makannya.

Hal penting yang harus diingat adalah jangan pernah paksa anak untuk makan. Anak akan menjadi rewel dan justru semakin sulit untuk makan. Pada setiap tips menambah berat badan balita pasti akan ditekankan akan hal ini. Ingatlah bahwa anak memiliki kapasitas lambung yang sangat kecil namun memerlukan nutrisi yang besar. Sehingga daripada memaksa anak makan dalam jumlah besar, akan lebih baik jika Anda lebih menekankan pada asupan kalori yang masuk serta jam makan yang konsisten. Hindari juga gula dan garam yang berlebih karena akan membuat anak obesitas. Anak yang terlalu gemuk dan kurus juga tidak sehat.