Langkah Mudah Membebaskan Anak Dari Obesitas

Siapa pasangan yang tidak ingin segera memiliki momongan setelah menikah? Tentu hal ini menjadi impian dan idaman dari setiap pasangan. Meski tak semua pasangan bisa langsung memiliki anak setelah pernikahan, namun beberapa cara dapat dilakukan orang tua untuk memiliki seorang anak. Setelah menunggu sembilan bulan, impian itu dapat terwujud.

Setelah memiliki seorang anak, rasanya segala hal rela dilakukan demi kesehatan dan pertumbuhan sang buah hati. Mulai dari pemberian ASI eksklusif, pemberian MPASI, pemberian vitamin tambahan, dan masih banyak lagi. Namun pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda. Ada yang memerlukan waktu lama untuk bisa menambah berat badan, namun ada pula yang melalui waktu cepat untuk menaikkan berat badan.

Jika orang tua tidak menyadari atau tidak begitu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak, hal tersebut tentu bisa membuat anak mengalami obesitas. Berdasarkan data yang ada, berat badan ideal balita (1-5 tahun) berkisar antara 8 hingga 18 kg, dengan rincian:

  • Pada usia 1-2 tahun berat badan anak berkisar antara 8,9 kg hingga 11,5 kg untuk anak perempuan dan 9,6 kg hingga 14,3 kg untuk anak laki-laki.
  • Pada usia 2-3 tahun berat badan anak berkisar antara 11,5 kg hingga 13,9 kg untuk anak perempuan dan 12,2 kg hingga 14,3 kg untuk anak laki-laki.
  • Pada usia 3-4 tahun berat badan anak berkisar antara 13,9 kg hingga 16,1 kg untuk anak perempuan dan 14,3 kg hingga 16,3 kg untuk anak laki-laki.
  • Pada usia 4-5 tahun berat badan anak berkisar antara 16,1 kg hingga 18,2 kg untuk anak perempuan dan 16,3 kg hingga 18,3 kg untuk anak laki-laki.

Jika berat anak melebihi berat normal yang ada, tandanya anak telah mengalami obesitas. Lantas bagaimana cara menurunkan berat badan anak obesitas? Ini dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi obesitas anak.

  • Langkah pertama adalah mencari tahu dan memahami berat badan ideal untuk usia anak Anda. Kebanyakan dari ibu membiarkan anaknya untuk banyak makan makanan yang baru. Alasannya karena sang anak sedang memasuki masa pertumbuhan. Namun dengan cara mencari tahu berat badan ideal anak, Anda pasti akan paham berapa banyak asupan makanan yang harus dikonsumsi anak.
  • Cara kedua adalah memberi anak sayur dan buah. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin akan melancarkan pencernaan anak. Lancarnya pencernaan anak tentu akan membantu dalam menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk mengajak anak untuk meminum air putih secara cukup.
  • Ajak anak untuk bermain agar anak aktif bergerak. Gerakan yang dilakukan anak akan membantunya dalam menurunkan berat badan karena banyaknya keringat yang keluar.
  • Hindarkan anak dari makanan kemasan. Makanan kemasan mengandung banyak kalori yang akan membuat anak menjadi semakin gemuk.

Itu dia beberapa cara menurunkan berat badan anak obesitas yang bisa Anda lakukan. Semoga informasinya bermanfaat.