Orang Tua Perlu Untuk Mengetahui Pertumbuhan Tinggi Pada Balita

Pertumbuhan berat serta tinggi badan ideal balita menjadi fokus bagi para orang tua yang memiliki anak saat usia emasnya. Baik berat maupun tinggi badan ideal balita 3 tahun (25 - 36 bulan) menjadi faktor yang dapat menentukan apakah pada usia tersebut anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini nantinya juga akan memiliki dampak pada pertumbuhan otak balita serta pada fungsi seluruh tubuhnya. Orang tua diwajibkan untuk mengetahui angka ideal untuk pertumbuhan balita pada usia tertentu dan juga alasan perlunya untuk memperhatikan hal tersebut. Jika anak pada masa pertumbuhannya dapat berkembang secara maksimal, maka hal ini akan membawa dampak jangka panjang untuk kehidupannya.

Berat dan Tinggi Badan Ideal Pada Balita Usia 3 Tahun

Angka ideal untuk tinggi dan juga berat pada balita bergantung pada usia mereka sehingga untuk usia tertentu memiliki pertumbuhan yang berbeda. Termasuk juga angka ideal pada balita yang berusia 3 tahun. Secara umum, berat dan juga perkembangan tidak jauh berbeda angkanya dengan perkembangan ketika mereka berada pada usia 2 tahun. Angka untuk tinggi badan ideal balita 3 tahun (25 - 36 bulan) dengan jenis kelamin perempuan sendiri yaitu berkisar pada 95,1 hingga 102,7 cm dengan berat ideal yang berkisar pada angka 13,9 hingga 16,1 kg. Sementara itu, pada balita dengan jenis kelamin laki-laki memiliki angka berat ideal dengan kisaran sebesar 14,3 hingga 16,3 kg dan dengan tinggi ideal berkisar pada 96,1 hingga 103,3 cm.

Pentingnya Memperhatikan Berat dan Tinggi Pada Balita

Banyak dokter dan juga ahli gizi memperingatkan para orang tua terhadap kemungkinan untuk terjadinya stunting kepada anak yang dengan mudah bisa dicegah melalui pemberian perhatian pada tumbuh kembang balita dengan baik. Anak mengalami stunting atau tidak dapat dilihat dari pertumbuhan berat serta tinggi balita tersebut, apakah mereka pada angka ideal atau tidak. Oleh karena itu, penting juga untuk orang tua mengetahui berat dan tinggi badan ideal balita 3 tahun (25 - 36 bulan) bersamaan dengan memastikan kondisi balita mereka agar tidak terkena stunting. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan posyandu berkala untuk mengukur tinggi dan berat anak atau juga dapat melakukan pengecekan kesehatan kepada dokter terdekat untuk memastikan kondisi anak tetap sehat.

Stunting sendiri memiliki banyak dampak jangka panjang dan juga dapat membawa hambatan terhadap pertumbuhan anak itu sendiri. Anak bisa jadi tidak dapat berkembang dengan baik sesuai dengan teman seusianya sehingga mereka tertinggal dari teman sebayanya. Maka dari itu, penting untuk orang tua memperhatikan perkembangan berat dan gizi pada balita mereka untuk mencegah hal ini. Tentu saja orang tua menginginkan hal yang terbaik untuk anak mereka. Termasuk juga perlunya untuk memastikan bahwa anak memiliki perkembangan dan juga pertumbuhan ke arah yang baik.

Pertumbuhan anak yang baik akan membawa kebaikan untuk kehidupan mereka ke depannya. Maka dari itu, penting untuk orang tua untuk memperhatikan tinggi dan berat dari perkembangan balita pada masa emasnya.