Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Anak Laki Laki Hingga Usia 5 Tahun

Ketika telah menjadi orang tua, pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi prioritas utama dan sangat dinantikan. Setiap waktu orang tua pasti akan melihat dan menyempatkan waktu untuk melihat pertumbuhan yang dialami sang buah hati. Mulai dari ia lahir, bisa membuka mata, meminum ASI, mulai makan, tengkurap, tumbuh gigi, hingga ia mulai bisa berlatih berjalan. Proses itu tentunya sangat dinantikan oleh setiap orang tua.

Ketika mulai memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, orang tua tentunya perlu memiliki kartu data yang memperlihatkan hal tersebut. Kartu ini dapat mempermudah orang tua mengerti tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Kartu ini kerap disebut Kartu Menuju Sehat atau KMS. Sebenarnya apa itu KMS dan bagaimana fungsinya dalam pertumbuhan anak? Mari kita bahas bersama mengenai pengertian dari KMS.

KMS atau Kartu Menuju Sehat merupakan alat yang digunakan untuk memantau tumbuh kembang sang buah hati yang berbentuk grafik. Tidak hanya memperlihatkan hasil pemantauan, namun KMS juga berisi mengenai tips untuk ibu dalam menjaga kesehatan sang buah hati. Kartu ini sudah digunakan di Indonesia sejak tahun 1970-an. KMS akan menampilkan data mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak dari usia 0 hingga 5 tahun yang diisi oleh dokter atau petugas kesehatan ketika melakukan pemeriksaan.

KMS untuk anak laki-laki biasanya berwarna biru. Hal ini dibedakan karena pertumbuhan anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Kartu yang berbentuk seperti buku ini nantinya akan menampilkan grafik yang berisi umur, berat badan, jenis kelamin, dan tinggi badan. Setidaknya orang tua harus memperbarui data tersebut dengan melakukan pemeriksaan ke dokter atau petugas kesehatan selama satu bulan sekali.

Meski data yang tertera dalam KMS diisi oleh dokter, namun Anda sebagai orang tua tetap harus bisa membaca kartu tersebut agar bisa melihat sendiri bagaimana pertumbuhan sang buah hati. Setelah melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan, dokter akan memberikan titik pada bulan usia sang anak dan memberikan sebuah titik. Titik itulah data kesehatan sang buah hati. Apabila setiap pemeriksaan hasilnya terus meningkat, itu artinya pertumbuhan dan perkembangan buah hati sudah baik. Namun bukan berarti jika titik berada di bawah titik sebelumnya anak mengalami penurunan kesehatan.

Jika titik yang diberikan dokter masih berada di bawah garis merah rata-rata, itu artinya sang buah hati masih mengalami kekurangan gizi. Jika titik terletak di area warna kuning, artinya anak mengalami kekurangan gizi ringan. Jika titik berada di area hijau muda berat badan anak cukup dengan status gizi yang baik. Terakhir, jika garis berada di titik warna hijau tua, anak memiliki berat badan di atas normal untuk usianya.

Itu dia beberapa informasi mengenai KMS anak laki-laki. Semoga informasinya bermanfaat.