Porsi makan ideal untuk balita 4 tahun

Menyiapkan makanan untuk balita  berusia 4 tahun terbilang gampang-gampang susah. Sebab selain porsi makan yang anda siapkan berkemungkinan  terlalu besar, balita umur 4 tahun juga sudah dapat memilih dan menolak makanan yang disukai dan tidak disukai. Ditambah rasa mudah bosan terhadap menu makanan tertentu tentunya hal ini akan membuat anda sebagai orangtua  cemas.

Maka dari itu, anda perlu untuk membenahi jadwal makan buah hati anda. selain untuk dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh, hal ini juga sebagai usaha agar anak anda memiliki berat badan ideal balita 4 tahun.   

Perhatikan jam makan utama

Makanan utama yang dimaksud ialah jadwal makan tiga hari sekali yakni pagi, siang, dan malam. Untuk jadwal rutinnya dapat anda buat seperti, sarapan pada pukul 7, makan siang pukul 12, kemudian makan malam  jam setengah 7. Jika anda memiliki jadwal sendiri, ada baiknya anda mulai untuk mengikuti jadwal yang sudah dibuat tersebut secara teratur.

Dengan tujuan, agar anak dapat membentuk kebiasaan untuk makan secara teratur sampai mereka beranjak dewasa. Kemudian pada satu jadwal makan, berikan aturan waktu tidak lebih dari 30 menit. Supaya anak dapat lebih fokus ketika sedang menyantap menu makannya.

Jangan lupakan makanan selingan

Disamping makanan utama, anda juga perlu untuk menyiapkan cemilan untuk buah hati anda. menyantap camilan pada balita 4 tahun, memiliki manfaat penting dimana dapat memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Makanan selingan atau camilan ini dapat anda berikan kepada anak saat jeda waktu makan utama. Dilansir dari buku Gizi Anak dan Remaja, digambarkan jeda waktu antar makanan selingan dengan makanan utama yakni sarapan diikuti camilan. Dilanjutkan oleh makan siang lalu pemberian camilan hingga dua kali, baru makan malam.

Bagi bunda, perlu diingat untuk memberikan makanan selingan atau cemilan yang aman untuk kesehatan si kecil. Gunakan bahan yang sehat, memenuhi gizi dan pastinya dapat menjaga berat badan ideal balita 4 tahun. 

Kandungan ideal porsi makan 

Pemenuhan nutrisi bagi anak sangatlah penting. hal ini dapat dimulai dari pemberian porsi makan yang ideal. Agar memudahkan dalam mengatur porsi makan, berikut terdapat panduan siapkan porsi makanan ideal anak agar berat badan ideal balita tercapai.

  1. Takaran karbohidrat
    Menurut AKG atau Angka Kecukupan Gizi tahun 2013, yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Anak di usia 4-6 tahun membutuhkan energi sebanyak 1600 kal dalam sehari. Agar angka kebutuhan dapat dicukupi, karbohidrat sangatlah penting dan tidak boleh terlewat. Umumnya nasi dipilih dalam pemenuhan asupan pada anak. Namun jika anak menolak makan nasi, dapat anda gantikan dengan ubi, kentang, roti, ataupun jagung.
  2. Asupan protein hewani
    Agar kebutuhan 1600 kal pada tubuh si kecil dalam waktu sehari, anda harus tambahkan protein hewani ke dalam porsi makan anak.
  3. Protein Nabati
    Banyak sekali jenis protein nabati yang dapat anda berikan untuk memenuhi 1600 kal kebutuhan balita usia 4 tahun. Protein nabati dapat diperoleh dari tahu, tempe, dan juga kacang-kacangan. Konsumsi protein nabati juga membantu dalam memenuhi berat badan balita 4 tahun.
  4. Sayur dan buah
    Nah untuk kebutuhan sayur dan buah pada balita 4 tahun sebanyak 100 hingga 400 gram seharinya dengan waktu makan yang berbeda. Bisa saat sarapan, makan siang atau malam, dan juga camilan pada jeda makan utama.