Tidak Perlu Khawatir, Berikut Cara Mengisi Kartu Menuju Sehat Bayi yang Mudah!

Kartu menuju sehat yang sudah dirancang oleh pemerintah Tentu saja sangat memudahkan ibu dan petugas kesehatan dalam memantau dan menyaksikan tumbuh kembang anak dengan kesehatan dan gizi yang cukup. Mungkin untuk ibu yang memiliki anak lebih dari satu mengisi kartu menuju sehat adalah hal yang mudah, Tetapi tentu saja hal ini berbeda untuk ibu yang baru saja memiliki bayi sehingga cara mengisi kartu menuju sehat bayi adalah hal yang cukup membingungkan. Dengan perkembangan teknologi saat ini tentu saja Informasi seperti ini dengan mudah Anda dapatkan Disini. Hari ini akan membuat Ibu bisa mengisi kartu menuju sehat bayi secara mudah dan dengan deskripsi yang jelas sehingga ke depannya tidak perlu melihat atau bertanya kepada orang lain. Berikut adalah informasi berkaitan dengan cara mengisi kartu menuju sehat bayi.

Tabel Perempuan dan Lak-laki

Cara pertama agar Anda mudah membaca dan mengisi kartu menuju sehat adalah dengan memperhatikan tabel yang membedakan kelamin antara perempuan dan laki-laki. Tabel yang berwarna merah muda merupakan tabel untuk anak perempuan atau bayi perempuan sedangkan tabel warna biru adalah tabel yang digunakan untuk bayi laki-laki. Lalu di bagian atas terdapat informasi umum tentang anak seperti nama anak dan nama Posyandu tempat mengisi KMS. Pada umumnya KMS merupakan kartu yang sangat mudah untuk diisi oleh ibu karena tidak sulit dan tidak banyak hal atau komponen yang harus Anda pahami.

Penimbangan Berat Badan

KMS merupakan kartu yang Harus Anda isi setiap bulannya, Pada setiap bulan Anda bisa menimbang berat badan selalu mencatat Berat badan anak yang sudah dihitung setiap bulannya dengan menghubungkan garis-garis atau titik-titik yang ada di bagian kartu menuju sehat. Lalu setelah Beberapa bulan ada bisa menghubungkan garis sehingga tercipta atau terbentuk kurva. Komponen lain yang harus Anda isi adalah seperti porsi makan atau fakta atau tidaknya anak ketika makan. Ketika akan menghubungkan kurva tersebut terdapat dua indikator yaitu naik dengan inisial atau dengan simbol n dan tidak naik dengan simbol T.

Pita Gradasi

Selanjutnya hal yang perlu Anda pahami ketika cara mengisi kartu menuju sehat bayi adalah memahami pita gradasi. Pita Gradasi ini membentuk Warna yang memiliki arti tersendiri setiap jenis warna. Jika pita gradasi berada di bawah garis merah hal ini memiliki arti bayi Anda mengalami kurang gizi dan berat badannya juga kurang dari normal. Apabila kita gradasi berada di warna kuning, Bayi Anda mengalami kurang gizi dalam cakupan yang masih ringan. Jika pita gradasi berubah dan berada di warna hijau hal ini harus Anda syukuri karena gizi dan berat badan anak Anda dalam kategori baik. Dan terakhir Cara Mengisi kartu menuju sehat bayi adalah ketika mengalami pita gradasi di atas pita hijau dan di zona kuning atau warna kuning anak Anda mengalami obesitas.