Tinggi Badan Ideal Balita 5 Tahun dan Cara Agar Anak Tumbuh Tinggi

Tinggi badan ideal balita merupakan rentang untuk mengetahui Panjang tubuh yang normal yang sesuai dengan jenis kelamin dan usia anak. Umumnya pertumbuhan anak dapat dipantau melalui tinggi badannya. Anak yang mengalami tinggi badan yang kurang baik bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor genetis orang tua, kurang gizi seimbang atau terdapat kelainan tertentu. Agar pertumbuhan anak bisa berjalan dengan normal, para orang tua wajib memantau terus tumbuh kembang balita. Sehingga bila terjadi suatu gangguan tertentu bisa langsung ditangani dengan benar. Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui berapa tinggi badan ideal yang sesuai usia terutama anak usia 5 tahun. Karena pada usia ini si kecil banyak sekali terdapat perubahan dalam tubuhnya.

Tinggi Badan Ideal Balita 5 Tahun

Untuk memantau pertumbuhan tinggi anak normal atau tidak, diperlukan berat badan ideal balita yang sesuai. Dua unsur tersebut memang tidak dapat dipisahkan untuk memantau tumbuh kembang balita. Biasanya tinggi badan ideal balita 5 tahun untuk anak laki-laki sekitar 100,7 cm sampai 119,2 cm dengan berat badan proporsional 14,1 hingga 24,2 kg. sementara untuk balita perempuan tinggi ideal 99,9 sampai 118,9 cm dan berat badan idealnya 13,7 hingga 24,9 kg. untuk lebih jelasnya berikut tabel tinggi badan ideal balita 5 tahun.

Keterangan

Perempuan

Laki-laki

Jangkung

123,7 cm

123,9 cm

Normal atas

118,9 cm

119,2 cm

Ideal atas

114,2 cm

114,6 cm

Ideal

109,4 cm

110 cm

Ideal bawah

104,7 cm

105,3 cm

Normal bawah

99,9 cm

100,7 cm

Pendek

95,2 cm

96,1 cm

 

Cara Agar Anak Tumbuh Tinggi

Setelah anda mengetahui tinggi badan ideal balita 5 tahun, pasti anda mendambakan anak tumbuh dengan sehat dan memiliki tinggi badan ideal. Tetapi, sayangnya tidak semua anak memiliki tubuh tinggi karena beberapa faktor penyebab. Untuk mengupayakannya para orang tua bisa mengoptimalkan hal berikut.

  • Berikan makanan bergizi dan seimbang
    Untuk mendapatkan gizi seimbang anak arus diberikan makanan kelompok makanan yang berbeda. Makanan harus mengandung beberapa jenis nutrisi seperti protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin dan mineral. Dengan begitu anak akan memperoleh nutrisi yang baik dan dapat mengoptimalkan tinggi badan.
  • Berikan susu khusus peningi badan
    Kita tahu bahwa susu mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan buah hati untuk tumbuh optimal. Anda bisa memilih susu dengan formula khusus yang mengandung protein dan asam amino yang bagus untuk mempertinggi badan anak.
  • Ajarkan berolahraga
    Tahukah anda rajin berolahraga bisa memperkuat otot, tulang dan menambah produksi human groeth hormone (HGH) dimana hormon ini yang paling berperan penting untuk tinggi anak. Khusus untuk balita untuk olahraga bisa dilakukan 60 menit tiap hari.